02 Februari 2010

Proposal bantuan Beternak Kambing

Pemalang, 1 Pebruari 2010
Nomor : 001/KSM LM/II/2010
Lampiran : 1 (satu) bendel Kepada Yth.
Perihal : Proposal Bantuan
Ternak Kambing. Koordinator LKM MELATI MANDIRI
Desa Tegalmlati Kec. Petarukan

di -

TEGALMLATI


Bersama ini kami sampaikan dengan hormat pengajuan proposal dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) LANCAR MAKMUR Dusun III berupa Bantuan Beternak Kambing melalui program Penggemukan/pembesaran Kambing. Adapun usulan yang kami ajukan untuk program penggemukan/pembesaran kambing adalah
sebesar Rp 12.825.000,- (Dua belas juta delapan ratus dua puluh lima ribu rupiah). Adapun rincian kegiatan sebagaimana proposal terlampir
Demikian untuk menjadi maklum dan kami disampaikan terima kasih.



KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT
LANCAR MAKMUR
DESUN III DESA TEGALMLATI
Ketua,



W A H Y O
Tembusan :
1. Kepala Desa Tegalmlati
2. Kepala Dusun III;
3. Pertinggal.



PROPOSAL BANTUAN BETERNAK KAMBING
KSM LANCAR MAKMUR DUSUN III DESA TEGALMLATI



A. PENDAHULUAN
Dalam rangka upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan khususnya masyarakat Dusun III Desa Tegalmlati Kecamatan Petarukan, kami Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) LANCAR MAKMUR bermaksud mengajukan bantuan Beternak Kambing, yang nantinya kambing tersebut akan kami pelihara secara kelompok.

B. BENTUK BANTUAN
Bentuk bantuan yang kami usulkan kepada LKM Melati Mandiri Desa Tegalmlati adalah Beternak Kambing dengan sistem penggemukan/pembesaran kambing.

C. DANA YANG DIUSULKAN
Dana yang Kami usulkan untuk program bantuan Beternak Kambing adalah sebesar Rp 12.825.000,- (Dua belas juta delapan ratus dua puluh lima ribu rupiah). Dana tersebut untuk membeli kambing sebanyak 20 ekor kambing yang nantinya akan dikelola di 2 tempat/kandang.

D. DANA SWADAYA
Dana swadaya masyarakat pada KSM LANCAR MAKMUR adalah berupa pembuatan kandang kambing sebanyak 2 buah kandang yang kalau dinominalkan dengan uang sebesar Rp 5.000.000,- (Lima juta rupiah).


- 2 -

E. PERALATAN
Dalam rangka mendukung kegiatan sehari-hari program beternak kambing KSM LANCAR MAKMUR telah menyediakan peralatan berupa :
- waring/kandi : 4 buah
- sabit/cengkrong : 4 buah
- cangkul : 2 buah
- sapu lidi : 4 buah
- tambang goni : 25 meter
- ember : 2 buah
- sikat bulu : 2 buah

F. ANGGOTA KSM LANCAR MAKMUR
Anggota KSM LANCAR MAKMUR yang berada di Dusun III Desa Tegalmlati sebanyak 7 orang, atas nama :
1. Wahyo (Ketua KSM)
2. Sutaryo
3. Kasno
4. Suparno
5. Tarjani
6. Wahadi
7. Kusdiyanto

G. CARA BETERNAK
Program beternak kambing yang kami usulkan adalah dengan sistem penggemukan/pembesaran kambing dari pembelian kambing usia + 5 bulan sampai dengan kambing layak jual ( 10 bulan ).





- 3 -

H. BAGI HASIL
Bagi hasil yang kami tawarkan setelah kambing layak jual adalah dengan cara semua kambing dijual kemudian pihak KSM LANCAR MAKMUR mengembalikan uang pokok bantuan kepada LKM MELATI MANDIRI setelah itu sisa dari penjualan akan dibagi 30 % disetor ke LKM dan 70 % dibagi rata kepada anggota KSM LANCAR MANDIRI.
I. SANKSI-SANKSI
Agar dapat dicapai sistem keadilan antara pemberi bantuan dan yang memberi bantuan di atur sanksi-sanksi yang harus ditaati oleh kedua belah pihak antara lain :
1. Apabila kambing yang dipelihara itu sakit/mati, maka pihak KSM LANCAR MAKMUR segera melaporkan kepada Ketua UPS terdekat secepatnya.
2. Apabila kambing yang dipelihara itu hilang karena kelalaian anggota KSM, maka KSM LANCAR MAKMUR bertanggungjawab untuk mengganti seluruh kambing yang hilang.
J. PENUTUP
Demikian Proposal ini kami buat, besar harapan pihak LKM MELATI MANDIRI Desa Tegalmati untuk menyetujui dan merealisasikan bantuan dari KSM LANCAR MAKMUR Dusun III berupa penggemukan/pembesaran Beternak Kambing.
Demikian untuk menjadi maklum, dan kami sampaikan terima kasih.

Tegalmalti, Pebruari 2010

KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT
”LANCAR MAKMUR”
DUSUN III DESA TEGALMLATI
Ketua,


W A H Y O.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar